Minggu, 04 Agustus 2019

7 HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM OUTBOUND DI GEDONGSONGO


persiapan outbound gedong songo
 Candi Gedongsongo sebuah pilihan tempat outbound sekaligus wisata yang menarik di Bandungan Kabupaten Semarang. Sebagai kawasan wisata yang menarik dan cocok untuk outbound fun game atau team building. Sebelum anda ber outbound ria di Candi Gedongsongo bersama kami team dari Jelajah Outbound ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terutama persiapan pribadi. Berikut adalah 7 hal yang perlu dipersiapkan sebelum outbound di Gedongsongo Bandungan.

1.    Jenis dan kendaraan yang dipakai
Untuk menunju ke lokasi Gedongsongo Bandungan anda harus melewati jalan yang menajak dengan kemiringan yang cukup curam. Jalan naik yang hampir tanpa jeda dengan kondisi lebar jalan yang hanya pas untuk dua jalur mengakibatkan banyak mobil yang mengalami mogok dijalan. Disebabkan memang mesin yang tidak kuat, mesin overheat, atau kampas kopling yang habis karena stop and go terus menerus ditanjakan. Untuk saat ini bus dilarang naik dari pertigaan pom bensin gedongsongo sampai parkiran wisata gedongsongo. Untuk pengunjung yang menggunakan bus disarankan melanjutkan perjalanan dengan ojek motor atau angkutan-angkutan kecil yang tersedia disana. Pastikan mobil yang anda gunakan dalam kondisi sehat terutama mesin dan rem. Sebagai solusi bagi peserta outbound kami yang menggunakan bus bisa parkir di pasar Bandungan atau Garasi bus Citradewi kemudian akan kami bantu antar jemput dengan menggunakan armada angkutan elf atau sejenisnya pulang pergi gedongsongo-bandungan dengan tambahan biaya.

2.      Pakaian yang sesuai
Kondisi lokasi wisata Candi Gedongsongo adalah didataran tinggi lereng gunung Ungaran. Sehingga kondisi alamnya adalah alam pegunungan yang kadang dingin berkabut atau kadang panas terik namun tidak terasa karena tiupan angin gunung yang terasa dingin sehingga tahu-tahu kulit gosong. Pakaian yang tepat adalah dengan menggunakan celana panjang dan baju panjang serta topi atau penutup kepala. Jangan lupa juga membawa jaket bagi anda yang tidak tahan udara dingin. Tidak ada salahnya anda membawa payung karena cukup bermanfaat untuk melindungi tubuh dari terik panas dan hujan. Tapi tidak disarankan jika kondisi cuaca sedang angin kecang, lebih praktis anda gunakan jas hujan. Satu lagi perlengkapan yang tidak ada salahnya di pakai adalah kaca mata hitam. Selain bisa melindungi mata dari sinar matahari, juga bisa menahan debu agar tidak masuk ke mata. Terutama dimusim kemarau aka ada banyak debu ketika angin bertiup.

3.      Kamera / Smartphone
Berwisata baik sekedar jalan-jalan atau dengan acara outbound tidak lengkap rasanya tanpa berfoto-foto. Jadi kamera itu wajib bawa. Jika anda fotografer professional atau memang dalam rangka acara pemotretan maka kamera DSLR yang dilengkapi dengan lensa-lensa yang lengkap adalah pilihan yang tepat mengingat pemandangan alam yang indah di lokasi wisata Candi Gedongsongo sangatlah banyak dan luas sekali. Kalau anda beruntung saat cuaca tidak mendung dan berkabut anda bisa memotret Gunung Ungaran yang berdiri dengan gagahnya. Juga candi-candi yang ada di Gedongsongo juga sangat eksotik sebagai latar belakang pemotretan. Namun jika anda tidak punya kamera DSLR cukup dengan menggunakan kamera smartphone juga sudah cukup bagus. Apalagi saat ini kamera smartphone terbaru sudah canggih-canggih dengan kekuatan lensa yang tidak kalah dengan kamera professional atau DSLR. Kelebihan lain menggunakan kamera smartphone adalah kemudahan dalam membawa karena yang namanya smartphone pasti jauh lebih ringan bobotnya jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Jika anda tidak mau repot lagi anda bisa menggunakan jasa pemotretan dari tukang foto freeline yang banyak ada di Gedongsongo.

4.      Type Sepatu atau Sandal
kelihatannya sepele tapi jika anda salah dalam memilih alas kaki yang tepat akan menjadi masalah besar. Lokasi Candi Gedongsongo adalah daerah pegunungan dimana jalannya naik turun bahkan ada yang masih tersusun dari bebatuan. Pakailah sepatu yang ringan tapi mampu melindungi kaki dari gesekan dengan batu dan tanaman semak yang kadang berduri tajam. Kalau anda memiliki sepatu gunung yang berbentuk sepatu boot sangat disarankan karena sepatu gunung memang dirancang untuk melindungi kaki dari medan yang berat. Tapi jika tidak punya sepatu gunung sepatu olah raga yang memiliki alas agak tebal juga bagus seperti contohnya sepatu running. Jangan sepatu pesta ya.. apa lagi sepatu hihill he..he..bisa kesleo kakinya. Jika anda lebih suka menggunakan sandal boleh saja tapi kami sarankan gunakan sandal gunung, jangan sandal jepit ya..nanti bisa kejepit batu.

5.      Obat-obatan pribadi yang wajib dibawa
P3k standard sangat disarankan untuk dibawa mengingat lokasi Wisata Candi Gedongsongo adalah lokasi wisata alam. Sehingga sangat mungkin terjadi kecelakaan kecil seperti jatuh, terpeleset, kesandung batu, tapi kalau kesandung cinta gak perlu P3k lah..he..he..he. Obat-obatan pribadi yang sifatnya khusus terutama bagi anda yang memiliki penyakit khusus yang sewaktu-waktu bisa kambuh karena kondisi cuaca baik panas maupun dingin atau kelelahan perlu juga dibawa mengingat jika anda sudah berada di posisi jauh dari pos gerbang Candi Gedongsongo lokasi tidak bisa diakses oleh kendaraan bermotor atau mobil ambulance. Jadi sebaiknya anda bawa obat-obatan tersebut.

6.      Makanan dan minuman secukupnya
Lokasi-lokasi candi yang ada di Gedongsongo sangatlah jauh-jauh, jadi memerlukan berjalan kaki yang cukup lama untuk sampai di candi yang terakhir atau tertinggi. Meskipun banyak penjual makanan di sepanjang jalan ada baiknya anda membawa bekal sendiri agar tidak boros karena jajan terus he..he.. lebih baik uangnya ditabung untuk beli mobil dan rumah ha..ha..ha. ya setidaknya anda bawa air mineral karena dengan perjalanan yang jauh dan lama akan menyebabkan rawan dehidrasi. Seperti yang sudah disampaikan diatas karena lokasi tidak bisa diakses dengan kendaraan bermotor termasuk mobil ambulance, maka jika terjadi sesuatu atau sakit akan sangat merepotkan proses evakuasinya. Oh ya jika anda membawa barang agak banyak pastikan menggunakan tas yang baik ya.. tas yang baik itu tas yang kuat dan ketika dipakai tidak mengganggu aktifitas gerak tubuh. Contohnya tas punggung, jangan tas plastic atau tas kresek lho !! selain dilihat tidak keren juga biasanya yang bawa tas kresek sukanya membuang sembarangan setelah tidak dipakai. Sampah tas plastic tidak dapat diurai oleh tanah sehingga akan mencemari lingkungan. Ingat “kebersihan adalah sebagian dari iman”

7.      Trekking pole
Kalau jaman dahulu jika berjalan jauh apalagi melewati jalan yang menanjak kita selalu membawa tongkat baik dari kayu atau bambu untuk membantu menahan tubuh. Tongkat ini sangat penting untuk menahan tubuh saat kita kelelahan atau melalui jalan yang licin agar tidak tergelincir. Jaman dulu saat naik gunung atau hiking kita dengan mudah menemukan kayu atau bambu yang ada di sekitar. Tapi sekarang jangan terlalu berharap anda mudah menemukannya karena kita tidak bisa sembarangan memotong pohon yang ada disekitar lokasi wisata gedongsongo. Jadi saya sarankan bawalah trekking pole yang sekarang banyak dijual ditoko-toko perlengkapan outdoor dengan harga yang tidak mahal. Selain praktis, ringan, juga gaya lho.. seolah-olah anda seorang pendaki gunung professional he..he..he.

Itulah 7 hal perlu dipersiapkan sebelum Outbound di Candi Gedongsongo. Tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan anda. Jika tidak kuat jangan dipaksakan ya.. daripada repot nantinya. Outbound di Gedongsongo memang sangat menyenangkan selain murah juga dapat bonus bisa menikmati alam yang indah sekaligus merefresh pikiran dan istirahat sejenak dari rutinitas harian yang membosankan. Untuk mendapatkan paket outbound special dan sesuai dengan kebutuhan dan budget anda silahkan menghubungi kami.

JELAJAH OUTBOUND
Telp/WA 085641116661

About the Author

jelajah outbound

Author & Editor

Jelajah Outbound adalah provider Outbound Training yang telah berpengalaman mengelola kegiatan outbound sejak 2008 dengan lebih dari 200 event dari berbagai perusahaan, instansi, dan organisasi

1 komentar:

 

OUTBOUND GEDONG SONGO BANDUNGAN © 2020 - Designed by jelajahoutbound, Distributed By Blogger Templates