Kamis, 06 Juni 2019

7 LOKASI WISATA ALTERNATIF YANG DEKAT DENGAN CANDI GEDONGSONGO

Candi Gedongsongo sebagai salah satu cagar budaya yang dilindungi pemerintah saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Bandungan Kabupaten Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Candi Gedongsongo sebenarnya adalah salah satu tempat wisata yang sudah sangat lama dikenal orang, namun karena dulu kurang mendapat perhatian dari pemerintah membuat detinasi wisata ini jadi kurang terawat sehingga dulu gedongsongo identik hanya sebagai tempat berkemah anak-anak sekolah dan salah satu pintu jalur pendakian ke Gunung Ungaran. Namun sejak berkembangnya bisnis wisata beberapa tahun terakhir ini membuat Gedongsongo juga ikut terus berbenah sehingga saat ini terlihat jauh lebih cantik dan bersih jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Saat ini setiap hari libur anda akan diperlihatkan kemacetan yang luar biasa pada jalur jalan ke Candi Gedongsongo karena antusiasnya orang-orang yang akan mengunjungi Candi Gedongsongo. Saat ini memang kemacetan jalur ke lokasi Candi Gedongsongo memang menjadi pertimbangan tersendiri ditambah jalan menanjak yang banyak mengakibatkan kendaraan terutama mobil dan bus sering macet karena mesinnya overheat atau kampas kopling yang habis. Namun hal ini sudah menjadi perhatian pemerintah setempat untuk terus memperbaiki jalur jalan kearah Tempat Wisata Candi Gedongsongo. 

Sebagai alternatif lokasi wisata pilihan bagi anda yang tidak tahan dengan kemacetan jalan kearah Candi Gedongsongo anda bisa mengunjungi 7 lokasi wisata alternative berikut ini :

UMBUL SIDOMUKTI
outbound bandungan
Umbul Sidomukti adalah sebuah lokasi wisata pegunungan yang sangat terkenal di Semarang. Berada di dataran tinggi dengan udara yang masih sangat sejuk dan bersih serta pemandangan alam yang sangat memanjakan mata untuk melepas kepanatan pikiran dari rutinitas harian. Salah satu yang menjadi andalan di Umbul Sidomukti adalah adanya kolam renang alam yang airnya langsung dari sumber mata air alam yang dingin dan menyegarkan. Saat ini sudah ada 4 tingkatan kedalaman kolam renang sehingga dari anak-anak hingga dewasa bisa menikmati segarnya berenang di kolam renang alami yang ada di Umbul Sidomukti Bandungan.
Apa saja yang ada di Umbul Sidomukti Bandungan ?
Dengan area yang sangat luas sehingga ada banyak tempat di Umbul Sidomukti yang bisa dikunjungi selain Kolam Renang Alamnya yang sudah menjadi icon dari Umbul Sidomukti. Apa saja itu ? yang pertama ada penginapan Pondok Wisata dan juga Pondok Panorama, Restaurant Pondok Lesehan, Cafe Pondok Kopi, Camping Ground dan fasilitas outbond yang berupa wahana permainan menantang keberanian, di antaranya flying fox, Marine bridge, Higest Triangle (Magic Box, Badui Bridge, stick Bridge), rapeling menuruni lembah sisi kolam, ATV, bersepeda, berkuda, jalur trekking dan Goa Tirta Mulya. Dan kabar terbaru bagi anda yang suka olah raga paralayang juga tersedia disini lho.. Selain itu Umbul Sidomukti juga menyediakan tempat meeting dan pernikahan. Untuk informasi lebih banyak anda bisa mengunjungi websitenya atau silahkan langsung saja datang ke lokasi.

METRO STABLES
image from merahputih.com
Mulai bulan Oktober 2017 Metro Stables sebagai sebuah peternakan kuda telah dibuka untuk umumsebagai tempat wisata berkuda. Terletak di Jalan Langen Harjo No. 1, Duren, Bandungan, Semarang. Letak obyek wisata ini sangat strategis, 650 meter sebelum Green Valley Resort dan berjarak 2 kilometer dari Pasar Bandungan. Metro Stables, sebenarnya merupakan pusat jual beli kuda pacu maupun tunggang dan lompat, beroperasi dari hari Selasa hingga Minggu, hari besar tetap buka. Hari Selasa sampai Jumat buka pukul 10.00-18.00, hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-18.00. Pengunjung yang datang cukup pagi akan menyaksikan kuda-kuda yang dilepas serentak di lapangan untuk berinteraksi satu dengan yang lain. Induk-induk kuda yang hamil dan induk yang sedang menyusui anak kuda juga menjadi tontonan bagi pengunjung. Terletak di dataran tinggi sekitar 900 m di atas permukaan laut, menjadikan Metro Stables memberikan pemandangan yang indah dan sejuk bagi pengunjung. Suhu di lokasi Metro stables sektar 10° lebih rendah dari Semarang kota sehingga sangat pas untuk melepas lelah dan penat dengan berekreasi alam. Ada banyak spot foto juga bagi anda yang suka selfie atau preweding juga bisa. 

TAMAN BUNGA CELOSIA
Taman Bunga Celosia adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan berbagai bunga juga spot-spot foto yang instantgenic. Tempatnya sejuk dan nyaman karena berada di daerah tinggi di kaki Gunung Ungaran Jawa Tengah. Tempatnya strategis di jalur menuju arah ke Gedongsongo Bandungan. Saat ini Taman Bunga Celosia merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bandungan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain tempatnya yang bagus, masih baru, dan terus berkembang juga memiliki tempat parkir yang luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan pengunjung termasuk bus-bus besar. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki view berbagai bunga-bunga yang indah. Wisatawan bisa menemukan berbagai jenis tanaman bunga yang beraneka ragam. Wahana hiburan juga terdapat disini yang terbagi dalam 3 zona yaitu celosia happy & fun, taman bunga celosia dan museum selfi celosia. Tempat wisata yang sangat cocok bagi penggemar fotografi dan selfie-selfie karena banyak terdapat spot-spot foto yang instagramable. Tempat ini juga memiliki spot bangunan terkenal di dunia. Spot miniatur bangunan bersejarah dunia tersebut diantaranya Menara Eiffel, replika patung Merlion Singapura, Rumah Hobbit dan masih banyak lagi yang lainya. Selain spot foto berupa landmark, wisatwan juga akan menemui spot hits seperti payung warna – warni yang digantung membentuk kanopi. Alamat Taman Bunga Celosia di Jl. Gedongsongo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

KING GARDEN
Satu lagi tempat wisata yang akan hit di Semarang Jawa Tengah yaitu King Garden Resort. Berlokasi tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Candi Gedongsongo Bandungan tepatnya disamping Taman Bunga Celosia. Dengan mengkombinasikan spot foto, restoran, dan villa menjadikan King Garden akan menjadi lokasi wisata yang ramai pengunjung. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu gunakan jadi latar belakang fotomu dan kawan-kawan. Ada balon udara, sangkar burung, kapal-kapalan, ayunan, taman bunga dan lain-lain. Saat ini King Garden masih terus membangun dan berbenah

GREEN VALLEY RESORT
Tempat yang sangat pas bagi anda yang menginginkan lokasi untuk meeting, gathering, atau outbound bersama keluarga, teman sekantor, atau kumpul-kumpul dengan teman komunitas. Tersedia lapangan-lapangan yang luas yang bisa digunakan untuk acara outbound, ruang meeting yang banyak dan luas. Ada juga kolam renang, kebun strobery, dan sedang dibangun juga taman bunga. Kelebihan dari Green Valley Resort adalah yang diperkenankan masuk di lokasi hanya tamu rombongan yang sedang mengadakan event disana dan tamu yang menginap di hotelnya, sehingga kegiatan anda tidak terganggu oleh lalu lalang pengunjung yang hanya datang untuk jalan-jalan saja.

AYANA
Tempat wisata yang satu ini sebenarnya terletak di dalam area Gedong Songo, jadi jika anda akan masuk ke  Ayana mau tidak mau harus melewati gerbang masuk Gedong Songo dan harus bayar tiket masuk Gedongsongo kemudian tiket masuk Ayana. Ayana Gedongsongo Bandungan adalah syurganya pecinta swafoto. Dengan adanya spot foto yang instagenic menjadikan Ayana memiliki pesona tersendiri yang membuat banyak wisatawan yang mengunjunginya. Spot-spot foto apa saja yang menarik di Ayana Gedong Songo ? yang pertama ada bunga-bunga warna-warni yang indah dipandang, lalu ada sofa di tengah kolam, kursi-kursi santai yang menghadap pegunungan, kemudian ada juga balon udara yang akan membuat fotomu semakin keren, oh ya khusus di balon udara ini ada tambahan biaya tiket ya.. selain tiket masuk Ayana. Ada yang lebih menarik lagi yaitu tenda gelembung, hammock diatas kolam, dan lukisan-lukisan instagenic, dan masih banyak yang lainnya.

VANAPRASTHA
Vanaprastha Gedongsongo. Satu lagi destinasi wisata alam  berupa hutan pinus yang dilengkapi dengan vila-vila didalamnya. Sama seperti Ayana, Vanaprastha juga terdapat di area Gedong Songo meskipun beda management dengan Taman Wisata Gedongsongo. Sehingga anda yang akan berkunjung harus membayar tiket lagi selain tiket masuk gedongsongo. Bagi anda yang suka menikmati wisata alam hutan pinus yang teduh dan sejuk Vanaprastha menjadi pilihan yang menarik.

Demikian 7 lokasi alternative yang dekat dengan Candi Gedongsongo Bandungan. Semoga bisa membantu anda menentukan pilihan wisata bersama keluarga, teman kantor, atau teman sekolah anda. Jelajah Outbound sebagai salah satu provider Outbound di Semarang bisa melayani kegiatan outbound di lokasi-lokasi tersebut diatas. Untuk informasi lebih banyak hubungi kami di 085641116661. Salam








About the Author

jelajah outbound

Author & Editor

Jelajah Outbound adalah provider Outbound Training yang telah berpengalaman mengelola kegiatan outbound sejak 2008 dengan lebih dari 200 event dari berbagai perusahaan, instansi, dan organisasi

1 komentar:

 

OUTBOUND GEDONG SONGO BANDUNGAN © 2020 - Designed by jelajahoutbound, Distributed By Blogger Templates